Wednesday, April 6, 2016

Mengenal sistem komputer dan komponennya

Mengenal Sistem Komputer dan Komponennya

Mengenal sistem komputer dan komponennya - Sistem komputer adalah  suatu jaringan elektronik yang terdiri dari Perangkat keras (Hardware), Perangkat Lunak (Software) dan Manusia Sebagai Pengguna (Brainware). Hardware dan Software untuk melakukan tugas tertentu seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.


Sistem Komputer {source}

Karena dalam sistem yang bekerja secara fungsioanal dalam sebuah kinerja komputer ada beberapa perangkat yang terdapat dalam sebuah sistem komputer yang dibutuhkan untuk mendukung satu sama lain, maka dari itu komputer diartikan bukan saja sebagai alat, melainkan sebuah sistem yang terdiri atas beberapa peragkat pendukung.
Komponen utama sistem komputer yang sudah dijelaskan diatas seperti Hardware, Software dan Brainware. Komponen ini memiliki perannan yang sangat penting dan ketiganya ini tidak bisa dipisahkan karena kalau salahsatu dipisahkan dari tiga komponen ini maka bisa dipastikan komputer tidak akan pernah bisa dioperasikan.
Berikut ini adalah tiga komponen utama pada sistem komputer serta penjelasannya.

1. Hardrawe

Hardware atau dalam bahasa kita bisa dibilang perangkat keras ini merupakan komponen yang penting dalam sistem komputer, Hardware ini memiliki arti sebagai perangkat dalam sebuah komputer yang wujudnya terlihat dan berbentuk fisik. Hardware atau perangkat keras ini terdiri atas perangkat input dan output.
Ini merupakan beberapa contoh hardware diantaranya:

Mengenal sistem komputer dan komponennya
Hardware {source}

- Motherboard adalah papan induk tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dan berupa pcb yang memiliki chip bios, jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses ke masing-masing perangkat.

- Prosesor adalah komponen yang paling utama dari rangkaian komputer karena tanpa prosesor ini komputer tidak akan berguna sama sekali, karena prosesor ini disebut sebagai otak komputer untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan menjalankan tugas.

- Power Supply adalah sebuah piranti elektronik yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain terutama untuk daya listrik.

- Harddisk adalah komponen perangkat keras yang gunanya untuk menyimpan data.

2. Software

Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer yang berupa intruksi yang dapat dimengerti oleh komputer dan juga software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer.
Mengenal sistem komputer dan komponennya
Software {source}

Software ini berbeda dengan hardware, jika hardware berbentuk fisik namun pada software tidak berbentuk fisik dan hanyalah program tak terlihat dalam sebuah komputer. Contoh komponen dari software diantara adalah sistem operasi aplikasi dan bahasa.

3. Brainware

Brainware adalah pemakai dan pengguna komputer itu sendiri, dengan kata lain orang yang mengoperasikan perangkat keras melauli perangkat lunak yang ada di komputer tersebut. 
Mengenal sistem komputer dan komponennya
Brainware {source}

Saya rasa orang yang mengoperasikan komputer mempunyai andil besar dalam sebuah sistem komputer karena apabila komputer tidak dioperasikan sama sekali oleh manusia maka komputer tidak akan berfungsi sama sekali dan mungkin kita tidak akan menikmati pemakaian komputer pada saat ini.

Demikianlah artikel tentang mengenal sistem komputer dan komponennya, intinya jika tidak ada tiga komponen utama pada komputer maka komputer itu tidak akan berfungsi sebagai man mestinya, dan tentu saja keeterkaitan komponen yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan untuk bisa menjalankan komputer itu sendiri. Semoga bermanfaat SOB….

  

No comments:

Post a Comment